Beranda > Falsafah Jawa > HIDUP DI JALAN YANG BENAR (DALAM FALSAFAH HIDUP ORANG JAWA)

HIDUP DI JALAN YANG BENAR (DALAM FALSAFAH HIDUP ORANG JAWA)

“ Wah, masih dalam suasana tahun baru nih …, mudah-mudahan, di tahun ini tidak ada kekerasan yang mengatas namakan agama seperti tahun-tahun kemarin ya, Truk …,” kata Gareng berharap.

Hiya, Reng, muga-muga wae tahun iki memberi semangat baru ke arah yang positif bagi Bangsa dan Negara ini, saengga bisa terwujud Kejayaan Bangsa dan Negara Indonesia yang berbudaya dan berbudi pekerti luhur … “ jawab Petruk.

Wah, iya … Mathuk aku nek iku, Truk ! Mosok ta, jare bangsa Indonesia ini bangsa yang memiliki budaya adiluhung hingga di akui negara-negara manca, namun tingkah lakunya kok seperti itu. Gebug-gebugan, tusuk-tusukan, paten-patenan, bakar-bakaran …,” tukas Bagong sengit.

Jan-jan e ki masalahe kepriye ta, kuwi, koq terus padha eker karepe dhewe. Aku jan blas ora mudheng temenanan …, “ kata Gareng.

Ya miturutku ormase kuwi sing kleru ! Adigang adigung adiguna ! Rumangsa bener dhewe, rumangsa kuwasa ! Kabeh di anggep kleru nek ora padha karo duwekke ! Ora ngajeni kapitayane liyan, apa-apa sing ora sesuai karo ajarane langsung di babat ! “ jawab Bagong lagi. 👿 👿 👿

Iya, Gong, sarujuk aku Gong ! Aku ya jan gemes temenanan koq karo ormas siji kuwi. Tanganku rasane guatel kok, kudu-kudu meh … ! “ Gareng tidak menyelesaikan kalimatnya.

Lha kowe sakloron kok ya padha geger karepe dhewe ki ?! Lha nek panemumu padha kaya mengkono kuwi, terus apa bedane kowe sakloron karo wong-wong sing mbok rasani kuwi ? Mereka memusuhi orang-orang yang tidak sepaham dengan mereka, sekarang kalian juga memusuhi mereka-mereka yang tidak sepaham dengan kalian. Apa bedanya ? “ Tanya Petruk.

Ya cetha beda ta, Truk ! Lha kowe ki nalarmu kepriye ta, wong barang mengkono koq isih mbok belani ki ?! Terus rumangsamu sing bener ki sing kepriye, sing kleru sing kepriye coba, aku tak kepengin weruh !” sahut Bagong sambil melotot sengit. 👿

Sing bener ?” tanya Petruk.

Hiya … !” jawab Gareng dan Bagong hampir bersamaan.

Ya, kene padha rungokna … Tak terangke bab Urip kang bener lan pener mungguhing wong Jawa, ajarane KRMH Toeloes H Koesoemaboedaja / Soerjabrata, junjunganku sing uwis suwargi … ;

Bener, iku ana 4 patang perkara, yaiku ;

  1. 1. Bener mungguhing Gusti Pangeran,
  2. 2. Bener mungguhing bebrayan agung (Bangsa dan Negara)
  3. 3. Bener mungguhing golongan, lan sing keri dhewe
  4. Bener sing sak karepe dhewe.

Tak wiwiti saka sing nomer 4, yaiku, Bener sing sak karepe dhewe.

Bener yang nomer 4 ini, adalah bener yang paling jelek, karena bener menuruti kehendak sendiri, tidak perduli dengan orang lain di sekelilingnya, tidak perduli aturan masyarakat umum, tidak perduli aturan bangsa dan negara, pokoke amrih menange dhewe, tumindak sak karep-karepe dhewe …,” Kata Petruk.

Oooo, dadi kaya ngono kuwi ya klebu bener … “ kata Bagong. 🙄 🙄 🙄

Hiya … Bener, ning ora pener … “ Jawab Petruk. 😉

“ Lha sing nomer telu ?” Tanya Gareng.

“ Yang ke tiga, bener mungguhing golongan. Bener yang satu ini masih lebih baik daripada bener sing sak karepe dhewe mau. Bener yang satu ini, adalah kebenaran yang bisa di pahami dan diterima oleh golongannya sendiri, namun tidak bisa diterima oleh golongan lain. Contohnya adalah, yang tengah kalian bicarakan tadi. Golongan yang kalian bicarakan tadi itu ya bener, kalian berdua juga bener …, “ kata Petruk.

“ Iku ya klebu bener ?! “ tanya Bagong lagi sambil tampak kebingungan di raut wajahnya. 🙄 🙄 🙄

Hiya, Gong. Iku klebu bener … ning ya durung pener … “ jawab Petruk.

Jiaah ! Ngelu, ndhasku, Truk, malahan … Ya wis, gage kana, ndang di jelaske bener sing nomer loro karo nomer siji ! “ Kata Gareng sewot. 👿

Padha, kang ! Ndhasku ya ngelu koq ! “ Bagong menimpali.

“ Yang ke dua, bener mungguhing Negara. Bener menurut aturan Negara. Ini yang utama, yang harus kita laksanakan. Jadi kebenaran sing sak karepe dhewe ataupun kebenaran menurut golongan itu tadi haruslah tunduk kepada aturan negara. Negara ini kan berlandaskan Pancasila, jadi setiap tindak tanduk kita ya tidak boleh nyebal dari Pancasila itu sendiri. Negara itu mengatasi segala golongan yang ada, tidak memihak salah satu golongan. Entah itu golongan yang banyak pengikutnya ataupun sedikit pengikutnya, tapi kalau tindak-tanduknya tidak mencerminkan jiwa Pancasila, ya itu berarti masih belum pener … Bener, tapi masih belum pener …,” kata Petruk panjang lebar.

“ Yang ke satu, bener mungguhing Gusti Pangeran, “ Petruk melanjutkan, “ Ini kebenaran yang paling utama. Hukum-hukum Negara, haruslah mencerminkan nilai-nilai kebenaran yang nomer satu ini. Nilai kebenaran yang bagaimana ? Akan saya ulas dari sisi Pancasila nya saja, mengingat Pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum yang ada di Indonesia, jadi logikanya, semua sumber hukum yang berada di bawahnya yang tidak mencerminkan dan tidak di jiwai nilai-nilai dari Pancasila ini, mestinya harus batal demi Hukum.

Dalam Pancasila di sebutkan sila ke dua, kemanusiaan yang adil dan beradab. Ini memuat kebenaran dari point satu, yaitu bener mungguhing Gusti Pangeran. Menungsa kudu adil dan beradab, iku bener mungguhing Gusti Pangeran. Tuhan tidak membeda-bedakan semua makhluk ciptaanNya. Semua adalah sama di mataNya. Tuhan tidaklah perlu di bela karena Tuhan itu Maha Kuasa. Kalau Dia mau, dalam sekejap mata saja semua jadi seperti yang di kehendakiNya. Tuhan pun juga tidak mungkin membenci ciptaanNya sendiri, apalagi menyuruh golongan satu untuk membunuh golongan lain. Itu jelas tidak mungkin ! Kalau Tuhan mau, sekali lagi, kalau Tuhan mau, sekedip mata saja semua akan sirna tak berbekas …

Bak sinar matahari yang tidak pilih kasih, orang jahat ataupun orang baik, tetap mendapatkan sinarnya. Jadi saling hormat menghormati lah sebagai sesama makhlukNya. Saling menghargai. Tepa selira. Aja nggugu karsaning priyangga, aja menang-menangan, aja adigang adigung adiguna. Jangan malah menakut-nakuti, nggendruwoni, merusak, membakar, membunuh dan lain sebagainya atas nama Tuhan … Itu memfitnah Tuhan, itu  namanya ! Itu namanya bukan manusia Indonesia yang ber perikemanusiaan yang adil dan beradab, namun justru berkebinatangan yang biadab ! Dan kalau yang seperti ini, yang berkebinatangan yang biadab ini, ya pastilah itu tidak mencerminkan nilai dari point satu tadi …

Demikian pula untuk sila selanjutnya, yatu sila ke tiga. Itu kan juga mengajarkan kebaikan, yaitu persatuan Indonesia. Ini juga memuat nilai-nilai kebenaran dari point satu. Tuhan tidaklah mungkin mengajarkan umatnya untuk saling membenci, karena Tuhan adalah maha Pengasih. Mengajarkan manusia untuk bersatu, bergotong royong, saling bahu membahu, itupun tidak nyebal dari point satu tadi.

Begitupun sila yang ke empat, itu juga mengajarkan kepada kita untuk bermusyawarah untuk mufakat. Mengajarkan kita untuk adil serta menghargai pendapat sekecil apapun. Yang besar, yang kuat, belum tentu benar, oleh karenanya jika ada perbedaan pendapat haruslah di musyawarahkan, di mufakatkan, demi kepentingan yang jauh lebih besar, kepentingan bangsa dan negara. Jangan terus karena merasa besar, yang kecil karena berbeda pendapat terus di anggap salah hingga perlu dimusnahkan …. Jangan ! Itu tidak mencerminkan kebenaran pada point satu tadi namanya ….

Sila yang ke lima, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, ini kan juga ajaran yang baik. Adil untuk segala lapisan masyarakat, bukan adil untuk golongan yang berkuasa saja, golongan yang paling besar saja, bukan … Sekali lagi, seperti sinar matahari itu tadi, tidak pilih-pilih, yang kaya, yang miskin, besar-kecil, tua-muda, semuanya sama-sama mendapatkan sinarnya … Begitu kalau menurut ajaran junjunganku Rama KRMH Toeloes H Koesoemaboedaja/Soerjabrata …” kata Petruk mengakhiri ulasannya yang panjang lebar.

“ Oooo, nembe mudheng aku, Truuuk … Lhoh ?! Gong ! Bagong !! Weee, lhadalah ! Bagong ki edian tenan, koq ! Di jelaske ngaya-ngaya koq malah ngorok, ki !” Kata Gareng kaget melihat Bagong telah tertidur di sebelahnya. 😯

Oaaahmmm … Lha wis kepriye … Petruk ya bertele-tele, koq. Kari kandha wae nek point 4 (bener sing sak karepe dhewe) lan point 3 (bener mungguhing golongan) kuwi kleru utawa ora bener. Ngono rak ya cukup ta ?! Malah kedawan dawan, ya dadi ngantuk nuw, aku …, “ Jawab Bagong membela diri. :mrgreen:

Ya neng kono iku luhure wong Jawa. Ora gelem langsung ndakwa nek kuwi barang kleru, ning nganggo cara supayane bisa karyenaktyasing sasama … Wong kepriye-kepriye a, point 4 kuwi rak ya pancene bener, tap ya kuwi mau, bener miturut karepe dhewe, semono uga point 3. Kuwi ya bener, ning miturut golongane … Mula sing bener lan pener iku ya bener sing ora nerak angger-anggering Negara lan Gusti Pangeran, “ Kata Petruk lagi.

“ Kepriye, Gong ? Wis mudheng sing di karepke apa durung, Gong ? “ tanya Gareng kepada bagong.

Lhhoooh … ! Lha nek aku ngono jan-jane ora usah di terangke wae wis mudheng, koq. Aku iki rak mung arep ngetes Petruk wae, apa dheweke ki isih kelingan karo wejangane suwargi Rama Toeloes biyen apa ora. Petruk wae sing ora rumangsa ! “ jawab Bagong sambil masih mengucek-ucek matanya.

Ya wis, ya wis, nek ngono … Ayo, padha mlebu, padha mangan dhisik, yo … Uwis jam e, iki … “ Jawab Petruk mengakhiri pembicaraan ini …

 

  1. prastiyo
    20 Februari 2011 pukul 7:26 am

    suwun nggeh, kulo jadi ngerti gimana menjalani hidup niku seng bener.

    • 22 Februari 2011 pukul 6:09 am

      Sami2 mas, matur nuwun sampun kersa pinarak … 🙂

  2. AAN
    4 Juni 2011 pukul 2:24 pm

    matur suwun,dados tambahing pangertos kulo.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar