Beranda > Serba Serbi, Uncategorized > SBY DENGAN TKW NYA LOLOS SELEKSI TUJUH KEAJAIBAN DI DUNIA

SBY DENGAN TKW NYA LOLOS SELEKSI TUJUH KEAJAIBAN DI DUNIA

Jagongan di Gubuge Ki Lurah Petruk, selalu ada saja yang di bicarakan. Tidak hanya melulu bicara tentang masalah agama, spiritual, politik dan lain sebagainya, namun juga kadang masalah-masalah sosial yang tengah terjadi di lingkungan kelurahan sini ataupun lingkup Nasional.

Malam ini tadi kami jagongan lagi di Gubuge Ki Lurah Petruk. Seperti biasa, kopi tubruk dan rokok tingwe (nglinting dhewe) mbako Siluk, serta pohung rebus ataupun kimpul tidak pernah ketinggalan. Hidangan itu selalu menemani kami dalam setiap kami kumpul-kumpul.

Kami tengah asyik membicarakan tentang Taman Nasional Ujung Kulon, Taman Nasional Komodo, yang di ajukan untuk menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia.

“ Menurut berita terakhir yang aku dengar, komodo sudah masuk sepuluh besar, tinggal butuh tambahan suara agar bisa masuk 7 besar. Itupun berita sekitar akhir tahun 2010 kemarin, “ Kata Ki Lurah Petruk.

“ Padahal yang di ajukan ada sekitar 122 calon dari berbagai penjuru dunia … Mudah-mudahan saja Komodo bisa lolos masuk ke 7 besar, “ imbuh Ki Lurah.

“ Mungkin kalau mokodo, malah bisa masuk, Truk .. “ celetuk Gareng.

“ Apa itu ‘mokodo’ ? “ tanya Ki Lurah.

“ Modal Konyol Doang ! Hehehe “ jawab Gareng berkelakar, memancing tawa kami semua.

“ Bicara soal modal konyol doang, mustinya Negara kita punya potensi kok, untuk langsung lolos tujuh besar tanpa seleksi dalam pemilihan tujuh keajaiban dunia … “ Bagong nyeletuk dengan mimik serius.

“ Wah, ini … Tumben utegmu rada mletik, Gong ! Apa itu, Gong ? “ Tanya Gareng,

Walah, kowe ki biasane panemumu nyleneh dhewe kok, Gong ! Apa ada yang seperti itu … kalaupun ada ya mestinya pihak Pemerintah sudah terlebih dulu mengetahuinya, wong Informasi seperti apapun pasti akan dengan mudah mereka dapatkan, “ Sahut Ki Lurah.

“ Lhooo …, Bagong kok, di sepeleake ! “ Kata Bagong. “ Ning ya terserah … Nek padha kepengin ngerti ya tak kandhani, nek ora ya ora pa-pa … “ lanjutnya.

Apa coba, kene aku tak kepengin weruh … ! “ kata Gareng.

“ Presiden SBY dengan TKW nya, atau Tenaga Kerja Wanita Indonesia … “ jawab Bagong dengan wajah tanpa dosa.

“ Lhoh ?! Koq bisa TKW, Gong ?” tanya Ki Lurah.

“ Ya, bisa ! Coba, ta, kasus kekerasan terhadap TKW kita pada tahun 2010 menurut BNP2TKI, terdapat sekitar 5.495 yang menjadi korban kekerasaan, perbudakan seks hingga eksploitasi tenaga kerja di Arab Saudi. Ini adalah tahun terparah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya menurut catatan BNP2TKI. Itu saja ternyata belum termasuk yang tidak melapor, seperti kejadian di daerah Jawa Barat.  Ada kasus Sumiati, Kikim Komalasari yang di temukan tewas di tong sampah dan lain sebagainya. Ada juga yang di hajar hingga babak belur sampai buta, ada juga yang diperkosa majikan beserta anak laki-lakinya, sudah itu gajinya tidak di bayarkan, lagi ! Belum lagi berita yang terakhir terdengar hari ini, bahwa Menteri Penerangan Malaysia di beritakan telah memperkosa TKI kita … Padahal, yang menjadi tujuan utama TKI kita adalah Malaysia, yang ke dua adalah Arab Saudi …,” Bagong memaparkan.

“ Ya memang, kondisi tersebut sangatlah memprihatinkan. Mudah-mudahan saja tahun ini hal-hal tersebut tidak terulang lagi … Lha terus, apa kaitannya dengan tujuh keajaiban dunia itu tadi, Gong, aku koq durung maksud, ki ?” Tanya Ki Lurah.

Ya pancen kowe ki ora ndolor koq, Truk … Ngene … Tahun 2010 kemarin kan juga diberitakan, bahwa Presiden kita memberikan kredit, memberikan pinjaman kepada siapa saja yang mau berangkat menjadi TKI, dengan dalih, agar mereka yang mau berangkat tidak perlu mencari pinjaman di luar, sehingga dengan adanya kredit ini bisa meringankan beban para calon TKI tersebut. Memang, sih, menurut Bank Dunia, para TKI kita ini menghasilkan devisa yang sangat besar bagi Negara ini, yaitu mencapai 7,1 miliar dolar Amerika atau sekitar 64 triliun rupiah pada tahun 2010 kemarin, namun hal ini kan kurang tepat menurutku, Truk. Ketika bangsa kita di hina dan di injak-injak seperti itu, dari Pihak pemerintah juga belum membuat langkah yang jelas untuk perlindungan para TKI nya, eeeeee, lha koq malah arep ngekspor babu maneeeh …, ngoyak-oyak wargane kon mangkat mbabu, sisan ! Lha ini kan suatu keajaiban dunia, Truk ? Coba, nalaren, Negara lain apa ada yang seperti itu ? Di saat harga dirinya diinjak-injak karena kasus tersebut, malah Pemimpinnya membuat kebijakan seperti itu ! Hoooi ….. ! Ayooo ….. ! Aja wediiii ! Padha mangkat a mbabu, tak sangoni keneee ! Ngunuuuw … Gak ada, di Negara lain, Truk ! Ini Cuma ada di Negara kita, makanya kalau di usulkan menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia, aku yakin pasti akan langsung lolos seleksi dan masuk ke peringkat tujuh besar tanpa saingan ! “ kata Bagong mengakhiri uraiannya.

“ Oooo, pancen koq, Bagong, ki … Aku wis mbatin, mesthi sing di rembug Bagong ki sing ora-ora. Tiwas tak rungoake temenanan ! Wis, mbuh ! Sak karepmu olehmu omong, Gong ! “ kata Ki Lurah sambil ngeloyor masuk ke dalam Gubug nya …

 

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s